Sebutkan Enam Jenis Properti Tari Kreasi

Sebutkan Enam Jenis Properti Tari Kreasi :

  1. Selendang
  2. Alat Musik Tabuh
  3. Penutup Kepala
  4. Payung
  5. Kipas
  6. Topeng

Fungsi dan Jenis Properti Tari Kreasi yang Biasa Digunakan

Properti biasa digunakan untuk menyempurnakan penampilan termasuk dalam peragaan tari. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis tari tradisional dengan properti yang khas. Bahkan properti tersebut bisa digunakan sebagai properti tari kreasi.

Tari kreasi sendiri sebenarnya bisa dibilang tari yang dikembangkan dari tari tradisional. Namun properti yang digunakan cenderung sama dengan tari tradisional asli. Tapi tidak menutup kemungkinan properti campuran dari berbagai daerah digunakan secara bersamaan.

Fungsi Properti Tari

Properti tari memiliki fungsinya sendiri. Perlu diketahui setiap jenis tari bisa jadi menggunakan lebih dari satu properti sekaligus. Kalian yang ingin mengenal seputar properti tari, berikut fungsi properti tari kreasi yang perlu diketahui.

1.     Menggambarkan Tema Tari

Fungsi properti yang pertama yaitu menggambarkan tema tari yang sedang diperagakan. Tema yang diangkat dalam suatu tarian tentu akan berbeda sesuai dengan jenisnya. Maka fungsi pertama dari properti tari adalah menggambarkan tema.

Sederhananya untuk tarian dengan tema gotong royong maka properti yang digunakan akan cukup banyak. Ditandai dengan penari membawa barang gotong royong seperti cangkul. Tidak hanya properti di tangan bahkan baju yang dikenakan pun berfungsi untuk menyampaikan tema tarian.

2.     Memperindah Gerak Tari

Gerak tari yang dilakukan oleh penarinya tentu menggambarkan maksud tertentu. Namun properti yang digunakan juga memiliki fungsi memperindah gerakan yang dilakukan. Lewat properti nantinya gerakan tidak terlihat terlalu biasa.

Termasuk dalam tari kreasi, kalian bisa melihat properti yang cukup beragam. Pada tari kreasi sunda maka properti seperti selendang memiliki peran cukup penting dalam memperindah gerakan. Perlu dipahami juga fungsi properti untuk memperindah gerakan berlaku bagi semua jenis penari.

3.     Instrumen Pendukung Tarian

Fungsi selanjutnya adalah berperan sebagai instrumen utama pendukung tarian. Banyak tarian asal Indonesia yang tidak bisa dilakukan bila tidak ada propertinya. Seperti halnya tari topeng atau tari reog.

Keduanya tidak bisa dilakukan bila tidak ada properti topeng yang harus digunakan bahkan sejak awal tarian dilakukan. Karenanya properti tari kreasi ini juga jadi properti utama yang harus ada untuk menunjang sebuah tarian.

4.     Sebagai Ciri Khas Tarian

Properti juga berfungsi untuk jadi penanda tarian dengan kata lain properti adalah ciri khas sebuah tarian. Ciri khas tarian bisa kalian lihat dari properti yang dibawa atau digunakan penari. Seperti halnya tari piring dengan ciri khasnya properti tari kreasi Sumatera berupa piring.

Hal ini berlaku untuk semua jenis tarian terutama tari tradisional. Tidak hanya tari tradisional Indonesia, bahkan semua tari tradisional dunia memiliki ciri khas propertinya sendiri. Ciri khas ini bisa melekat pada pakaian atau properti tambahan yang akan digunakan di pertengahan tarian.

5.     Media Filosofis

Sebuah tarian tentu memiliki nilai filosofisnya sendiri. Artinya sebuah tarian tidak mungkin dilakukan begitu saja. Arti dari sebuah tarian tidak hanya bisa dilihat dari gerakannya saja tapi juga lewat properti yang digunakannya.

Misalkan kalian melihat properti berupa tombak, maka properti tersebut bisa diartikan sebagai semangat penari. Tidak hanya bisa diartikan sebagai properti biasa, tombak yang digunakan penari ternyata menyimpan makna filosofis.

Jenis Properti Tari Kreasi

Ada banyak jenis properti yang digunakan oleh penari bahkan pada tarian modern. Namun berikut ini jenis properti yang paling banyak digunakan oleh penari Indonesia. Berikut jenis properti dan penjelasan singkatnya:

1.     Selendang

Properti tari khas daerah banyak menggunakan selendang sebagai properti utamanya. Tidak hanya itu, selendang bahkan jadi properti utama untuk berjalannya suatu pertunjukan tari. Baik tari tradisional maupun tari modern banyak menggunakan properti selendang.

Tari tradisional seperti tari jaipongan dari tanah sunda sejak dulu menggunakan selendang sebagai properti utamanya. Sementara pada tari tradisional selendang digunakan untuk mempercantik gerakan.

2.     Alat Musik Tabuh

Alat musik juga jadi salah satu properti yang banyak digunakan penari. Tidak hanya memperindah gerakan justru alat musik digunakan sebagai penunjuk ritme tarian secara tidak langsung. Alat musik yang banyak digunakan yakni gendang hingga drum.

3.     Penutup Kepala

Penutup kepala memang banyak jenisnya. Namun kalian harus mengetahui banyak jenis kelapa juga yang digunakan sebagai properti tari kreasi Jawa. Penutup kepala seperti blangko bahkan sejenis mahkota juga digunakan sebagai properti wajib penari.

4.     Payung

Payung juga tidak hanya jadi pelindung untuk menghindari hujan atau panas di luar ruang. Nyatanya payung juga masuk dalam properti tari yang banyak digunakan. Penggunaan payung banyak disebut memperindah tarian yang sedang dilakukan.

5.     Kipas

Kipas tangan dengan bentuknya yang beragam sejak dulu banyak digunakan oleh penari tradisional. Bahkan hingga kini kipas banyak digunakan sebagai properti tari modern. Bentuk kipas biasanya disesuaikan dengan jenis tarian.

Pada tarian dengan ritme yang lambat tidak jarang kipas yang digunakan berukuran cukup besar. Kipas juga dilengkapi dengan hiasan warna tertentu. Sementara pada tarian dengan ritme cepat kipas yang digunakan biasanya lebih ringan dan kecil.

6.     Topeng

Topeng tidak asing digunakan untuk melakukan tarian tertentu. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di belahan dunia lain juga topeng sering digunakan sebagai properti tari kreasi yang paling dibutuhkan. Kehadiran topeng bisa memperkuat karakter yang dimainkan penari.

Properti Lain yang Banyak Digunakan

Properti sebagai bahan pendukung untuk melakukan tarian banyak digunakan diambil dari beragam jenis barang. Tidak hanya digunakan pada tangan, tidak sedikit properti yang digunakan melekat pada tubuh. Properti tari kreasi lain yang tidak kalah banyak digunakan yakni:

1.     Gelang Lonceng

Bukan sekedar gelang tapi gelang yang dilengkapi lonceng banyak digunakan sebagai properti tari. Gelang yang digunakan pada tangan dan kaki dapat memberikan sentuhan meriah pada tarian yang sedang dilakukan.

2.     Sepatu Khas

Alas kaki berupa sepatu juga banyak digunakan sebagai properti khusus. Setiap tarian bisa jadi mengharuskan penari memakai sepatu yang berbeda beda. Bahkan ada tarian kreasi yang mengharuskan penarinya menggunakan sepatu penghasil nada tertentu.

Seperti halnya pada tari tap atau tap dance yang mengandalkan bunyi sepatu sebagai bagai ciri khas tariannya. Karenanya sepatu menjadi properti utama dalam tarian ini. Begitu pula pada jenis tari lainnya, sepatu jadi properti pendukung untuk keindahan tarian.

3.     Kursi

Kursi juga banyak dijadikan properti untuk menari. Seperti halnya pada tarian “sisingaan” kursi dijadikan singgasana yang dapat diangkut oleh orang banyak. Sementara pada tarian modern kursi biasa digunakan sebagai properti dengan fungsi diam.

4.     Piring

Properti terakhir yang banyak digunakan yakni piring. Berangkat dari tari tradisional khas Padang yang menggunakan piring sebagai properti utamanya kini tidak jarang tarian modern yang menggunakan properti serupa.

Tidak hanya piring yang digunakan sebagai properti tari, ada banyak alat dapur lain seperti gelas dan botol. Keduanya juga tidak kalah banyak digunakan sebagai properti tari kreasi modern.

Properti lain yang digunakan oleh penari masih banyak jenisnya. Namun pada tari kreasi kebanyakan penari menggunakan properti yang sudah disebutkan. Kalian mungkin bisa menemukan properti lain yang juga sering digunakan oleh penari jaman sekarang.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *